Selamat Datang Di Blog Yang Sederhana Ini, Semoga Bermanfaat Dan Membantu

Minggu, 23 September 2012

Cara mengubah Perintah / Command AutoCAD

Cara mengubah Perintah / Command AutoCAD

Dalam aplikasi AutoCAD ketika kita memasukkan perintah di Command windows selalu menuliskan serangkaian perintah yang disingkat misalnya; L untuk Line, C untuk Circle kemudial PL untuk polyline, dsb. Serangkain perintah yang disingkat ini dikenal dengan Alias Command.

Aplikasi autoCAD sudah menjadikan Alias Command ini standard, namun ini sifatnya tidak mutlak karena kita masih bisa mengubah Alias Command ini sesuai dengan keinginan kita, misalnya kita mengubah alias command perintah Circle menjadi XX, CRL dan yang lainnya sepanjang tidak menggunakan Alias Command yang telah dipakai.
Ada 2 perintah untuk menjalankan perintah perubahan Alias Command ini, diantaranya:

1. Menggunakan Perintah "Edit Program Parameter"

Dari menu Bar pilih Tool - Customize - Edit Program Parameter...
Click for Resize
Akan muncul kotak dialog acad - Notepad.
Scrool ke bawah hingga anda akan menemukan sekumpulan perintah AutoCAD beserta ringkasannya (Alias). Di sana kita bisa mengganti Alias Command tersebut sesuai kebutuhan (kemudahan kita).
Sebagai contoh ganti 3A untuk 3DArray menjadi 3, ingat yang diganti bukan 3DArray-nya tapi tulisan 3D saja. (Tulisan yg diblok).

Click for Resize
Close/tutup kotak dialog acad - notepad kemudian pilih yes untuk menyimpan perubahan tadi.
Masukkan perintah REINIT.
Command : REINIT
Click for Resize
Ceklist di bagian PGP File kemudian Ok. Perintah Reinit ini harus dipanggil karena berfungsi untuk menginisialisasi seluruh Command, apabila tidak dilakukan maka perubahan perintah tadi tidak akan segera berjalan kecuali aplikasi AutoCAD di tutup terlebih dahulu. Sekarang coba Anda ketikkan huruf 3 di command windows, maka selanjutnya AutoCAD akan mengenali angka 3 ini dipanggil untuk perintah 3DArray.

2. Menggunakan Perintah AliasEdit
Ketikkan perintah AliasEdit.
Command : ALIASEDIT
Click for Resize
Click text Alias; pilih Edit untuk merename, Remove untuk menghapus dan Add untuk menambahkan Alias Command lainnya. Perintah yang kedua ini sedikit berbeda dengan yang pertama, dimana ketika kita melakukan Edit pada perintah 3A menjadi 3 maka perintah 3A ini tetap ada dan masih bisa dipanggil dan perintah 3 pun bisa dipanggil juga, Artinya; perintah 3DArray bisa dipanggil melalui 2 perintah yaitu perintah 3A dan 3. 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar